Visi, Misi dan Tujuan

VISI PROGRAM STUDI


Menjadi  Program Magister Terapan Kebidanan yang unggul dan inovatif dalam pemecahan masalah pelayanan kebidanan komunitas dan pendidikan kebidanan berbasis 3H (Head, Hand and Heart Principles) tingkat nasional pada tahun 2020.

MISI PROGRAM STUDI

  1. Menyelenggaran pendidikan untuk menghasilkan bidan pelaksana lanjut, pendidik, manajerial pelayanan  dan peneliti dengan keunggulan kebidanan komunitas berbasis 3H  yang inovatif dalam pemecahan masalah kebidanan.
  2. Menyelenggarakan penelitian terapan dan pengabdian masyarakat yang inovatif dan berdaya guna sesuai kebutuhan masyarakat, sarana pelayanan kesehatan dan pendidikan kebidanan.
  3. Menjalin kerjasama dengan berbagai stakeholder dan multidisipliner bidang kebidanan di tingkat nasional untuk mendukung Tri dharma perguruan tinggi.

TUJUAN

  1. Menghasilkan bidan pelaksana lanjut, pendidik, manajerial pelayanan,  dan peneliti bidang pelayanan dan pendidikan kebidanan dengan kajian kebidanan komunitas berbasis 3H  yang inovatif dalam pemecahan masalah kebidanan.
  • Mampu menjalankan tugas sebagai kebidanan tingkat lanjut (advanced Midwifery care) secara holistik dan terapi komplementer.
  • Mampu mengembangkan pelayanan di komunitas dengan metode women center care (WCC)
  • Mampu mendidik bidan menjadi sumber daya manusia bidan yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan masyarakat
  • Mampu menjalankan kebijakan pendayagunaan karier bidan yang terpola selaras dengan wewenangnya
  • Mampu melakukan kolaborasi dengan masyarakat terinstitusi (stakeholder) dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna (terapan) bidang kebidanan guna memecahkan masalah pelayanan dan pendidikan kebidanan.
  • Mampu melakukan pengintegrasian sumber-sumber daya manusia, perangkat keras dan perangkat lunak untuk pengelolaan suatu unit kerja atau aktivitas yang berkaitan dengan pelayanan dan pendidikan Kebidanan.
  • Mampu merancang dan mengimplementasikan pemecahan masalah yang dikembangkan dari kasus-kasus di komunitas sebagai penciri magister terapan kebidanan.
  • Memiliki kemampuan khusus dalam bidang manajerial klinik dan pendidikan kebidanan secara mandiri
  1. Menghasilkan penelitian terapan dan pengabdian masyarakat yang inovatif dan berdaya guna sesuai kebutuhan masyarakat, sarana kesehatan dan pendidikan kebianan.
  2. Terlaksana kerjasama dengan berbagai stakeholder dan multidisipliner bidang kebidanan di tingkat nasional maupun internasional untuk mendukung Tri dharma perguruan tinggi.

PROFIL LULUSAN

Pendidikan di Program Studi Magister Terapan  Kebidanan  Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dharma Husada Bandung memiliki 4 profil lulusan.

  1. Advance Care Provider : Bidan pelaksana pelayanan kebidanan lanjut.
  2. Educator : Bidan pendidik/Dosen di D-3/D-4/S-1 Kebidanan, Pelatih/ Widya Iswara.
  3. Researcher : Bidan peneliti terapan baik dalam bidang pelayanan maupun pendidikan kebidanan.
  4. Manager : Bidan pengelola/ konsultan pelayanan dan pendidikan kebidanan.