Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran Magister Kebidanan

Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius dalam menjalankan pengelolaan Kebidanan;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika dalam menjalankan pengelolaan Kebidanan.
  3. Berkontribusi dalam  peningkatan  mutu  kehidupan  bermasyarakat,  berbangsa, bernegara,  dan  kemajuan  peradaban  berdasarkan  Pancasila  untuk  diterapkan dalam pengelolaan Kebidanan.
  4. Berperan sebagai  warga  negara  yang  bangga  dan  cinta  tanah  air,  memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa melalui penerapan prinsip dan konsep asuhan kebidanan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain dalam lingkup pengelolaan kebidanan.
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan untuk kepentingan kebidanan.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara dalam menjalakan kebidanan.
  8. Menginternalisasi nilai,  norma,  dan  etika  akademik  untuk  pengembangan  ilmu  kebidanan
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dalam putusan pengelolaan pelayanan kebidanan; dan.
  10. Menginternalisasi semangat  kemandirian, kejuangan,  dan  kewirausahaan untuk memperluas kesempatan berusaha.

Penguasaan Pengetahuan

  1. Mampu menguasai teori dan teori aplikasi bidang kebidanan, perancangan, metode dan teknik terkini yang diperlukan untuk analisis sistem asuhan kebidanan dan penatalaksanaan pelayanan kebidanan dengan prinsip evidence based untuk pengembangan asuhan kebidanan yang sesuai kebutuhan, dalam kondisi normal dan darurat bencana.
  2. Mampu menguasai teori dan teori aplikasi pengembangan Asuhan kebidanan berkelanjutan, holistic dan komlementer terintregasi dengan pengembangan Asuhan Holistik (Woman Care Centre), dalam  pemecahan masalah kebidanan dalam kondisi normal dan darrat bencana.
  3. Mampu menguasai teori dan teori aplikasi mengenai Endokrinologi dan Infertilitas Dalam Kebidanan, Anatomi dan Histologi Sistem Reproduksi dan Isu terkini serta penerapannya dalam praktik kebidanan, dalam kondisi normal dan darurat bencana
  4. Mampu menguasai teori dan teori aplikasi manajemen Kebidanan dalam kondisi normal dan darurat bencana.
  5. Mampu menguasai teori dan teori aplikasi Kesehatan Mental dalam Kebidanan
  6. Mampu menguasai teori dan teori aplikasi kajian asuhan kebidanan yang dikembangkan dari body of knowledge dan kasus-kasus khusus pelayanan kebidanan, dalam kondisi normal dan darurat bencana.
  7. Mampu menguasai teori dan teori Aplikasi memanfaatkan Herbal Medik dalam asuhan Kebidanandan farmakologi dalam kebianan sesuai dengan kewenangan bidan, dalam kondisi normal dan darurat bencana.
  8. Mampu menguasai teori dan teori aplikasi rancanga bangun inovasi dalam pelayanan dan Pendidikan kesehatan.
  9. Mampu menguasai teori dan teori aplikasi mengenai teknologi pendidikan dalam pengembangan standar proses, standar evaluasi, standar sarana dan fasilitas Pendidikan tinggi Kebidanan, dalam kondisi normal dan darurat bencana.
  10. Mampu menguasai teori dan teori aplikasi Kebijakan dan Manajemen operasional Pendidikan Kesehatan dalam rangka penjaminan mutu pendidikan kebidanan, dalam kondisi normal dan darurat bencana.

Keterampilan Umum

  1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional;
  2. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya
  3. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
  4. Mampu mengidentifikasibidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
  5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
  6. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
  7. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; dan
  8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Keterampilan Khusus

  1. Mampu mengembangkan IPTEKS melalui inovasi yang teruji aplikasi bidang kebidanan, menyelesaikan masalah dengan pendekatan inter/multi disiplin dalam pemberian pelayanan kebidanan lanjut yang inovatif dengan terampil sesuai kewenangan dan etika profesi, dalam kondisi normal dan darurat bencana.
  2. Mampu mengembangkan Asuhan kebidanan berkelanjutan, holistik dan komlementer  dalam Woman Care Centre, guna  pemecahan masalah kebidanan dalam m kondisi normal dan darurat bencana.
  3. Mampu mengembangkan IPTEKS dan inovasi penerapan Endokrinologi dan Infertilitas dalam Kebidanan, Anatomi dan Histologi Sistem Reproduksi dan Isu terkini dalam praktik kebidanan, didalam kondisi normal dan darurat bencana.
  4. Mampu mengembangkan IPTEKS dan Inovasi penerapan teori dan teori aplikasi manajemen Kebidanan dalam pelayanan kebidanan didalam kondisi normal dan darurat bencana
  5. Mampu mengembangkan IPTEKS dan inovasi penerapan teori Kesehatan Mental dalam Kebidanan
  6. Mampu mengembangkan IPTEKS melalui inovasi dalam melakukan kajian asuhan kebidanan yang dikembangkan dari body of knowledge dan kasus-kasus khusus pelayanan kebidanan, dalam kondisi normal dan darurat bencana.
  7. Mampu mengembangkan IPTEKS melalui inovasi dalam memanfaatkan Herbal Medik,   dan farmakologi dalam asuhan Kebidanan sesuai dengan kewenangan bidan, dalam kondisi normal dan darurat bencana.
  8. Mampu melakukan rancang bangun proyek inovasi dalam pelayanan dan Pendidikan Kebidanan, melibatkan berbagai sumberdaya dengan pendekatan transdisiplin.
  9. Mampu merancang dan memanfaatkan teknologi pendidikan dalam pengembangan standar proses, standar evaluasi dan standar sarana prasarana pendidikan tinggi Kebidanan, secara konvensional dan digital dalam kondisi normal dan darurat bencana
  10. Mampu mendidik bidan menjadi sumber daya manusia yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dalam kondisi normal dan darurat bencana.
  11. Mampu membuat Kebijakan dan melakukan Manajemen operasional Pendidikan Kesehatan dalam rangka penjaminan mutu pendidikan tinggi kebidanan, dalam kondisi normal dan darurat bencana.
  12. Mampu melakukan kolaborasi dengan Masyarakat terinstitusi (stakeholder) dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bidan guna memecahkan masalah kesehatan ibu dan anak di Indonesia, dalam kondisi normal dan darurat bencana.
  13. Mampu melakukan pengintegrasian sumber-sumber daya kebidanan dan manusia dengan perangkat keras untuk pengelolaan suatu unit kerja atau aktivitas yang berkaitan dengan pelayanan, pendidikan, dan penelitian, dalam kondisi normal dan darurat bencana